Definisi
Merupakan
system komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik
antar perusahaan yang dilakukan secara rutin dan dalam kapasitas produk yang
besar. Hal ini berarti kedua pihak yang melakukan transaksi adalah perusahaan,
organisasim, nirlaba atau pemerintah.
Konsep B2B
(Business to Business)
Transaksi
bisnis dijalankan melalui internet, ekstranet, intranet atau jaringan intern
perusahaan, juga dikenal sebagai eB2B (elektronik B2B).
Karakteristik
Business to Business
Trading
Partner
Pertukaran
informasi hanya berlangsung di antara mereka dan karena sudah mengenal, maka
pertukaran dilakukan atas dasar kebutuhan dan kepercayaan.
Pertukaran
data dilakukan secara berulang dan berkala dengan format data yang telah
disepakati. Jadi, service yang dipergunakan antar kedua system tersebut sama
dan menggunakan standar yang sama.
Salah satu
pelaku tidak wajib menunggu partner mereka yang lainnya untuk mengirimkan data.
Model yang
umum digunakan adalah peer to peer, dimana processing Intelligence
dapat didistrubiskan dikedua pelaku bisnis.
Model B2B
(Business to Business)
Model
Business to Business
“Yaitu
penjualan produk/jasa antar perusahaan atau antar badan bisnis.”
B2B
(Business to Business) Exchange
Gagasan
dasar dari B2B (Business to Business) Exchange adalah membuat suatu perusahaan
lebih mudah untuk menemukan barang-barang atau peralatan yang mereka butuhkan,
bertransaksi dengan cepat dan lengkap, dan untuk menyimpan uang sampai ada
produk yang diperjual-belikan dengan skala besar
Klasifikasi
B2B (Business to Business) Exchange
- Systematic Sourcing : pembelian dilaksanakan dalam jangka panjang (hubungan antar supplier dengan pembeli).
- Spot Sourcing : pembelian tidak direncanakan, dibuat seperti membeli kebutuhan.
- Vertical Exchange : suatu pertukaran yang anggotanya adalah di (dalam) [satu/orang] industry atau industry segmen.
- Horizontal Exchange : suatu pertukaran yang menangani material menukar/menambah beberapa industry yang berbeda.
Aktifitas
B2B (Business to Business)
Gathering of
Market Intelligence
ð
Mengumpulkan informasi secara lengkap mengenai produk yang ingin dibeli atau
jasa yang ingin dipergunakan.
ð
Mulai dari spesifikasi, service, kualitas dan kuantitasnya.
Prepurchasing
(langkah-langkah mengawali sebuah pemesanan)
ð Menyiapkan
proposal pembelian.
ð
Melakukan survey mengenai banyaknya permintaan.
ð
Menyediakan spesifikasi.
ð
Negosiasi
Purchasing
(langkah-langkah dalam penetapan order)
ð
Menyiapkan pemesanan (ordering).
ð
Persetujuan pengiriman (delivery).
ð Persetujuan
pemesanan (acknowledgement).
Shipping
& Penerimaan Barang
ð
Menginformasikan jadwal pengiriman barang.
ð
Mendapatkan faktur penerimaan barang.
Pembayaran
ð
Pembayaran dilakukan melalui bank atau dapat dilakukan secara online.
B2B (Business
to Business) Marketplace 
Marketplace
One to Many : pasar
yang dikelolah oleh satu perusahaan (supplier) yang menyediakan mulai dari
catalog penawaran produk dan harganya.
Many to One : pasar yang dikelola oleh banyak perusahaan (supplier) untuk mendapatkan satu pembeli dengan cara tender.
Some to Many : gabungan dari beberapa perusahaan sejenis yang menggabungkan produk-produk mereka untuk ditawarkan kepada banyak pembeli.
Many to Some : perusahaan-perusahaan yang menggabungkan catalog pembelian mereka untuk menarik perusahaan supplier untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
Many to Many : pasar yang dikelolah oleh banyak perusahaan (supplier) dan banyak perusahaan pembeli yang memungkinkan untuk terjadinya proses lelang yang dinamis.
Many to One : pasar yang dikelola oleh banyak perusahaan (supplier) untuk mendapatkan satu pembeli dengan cara tender.
Some to Many : gabungan dari beberapa perusahaan sejenis yang menggabungkan produk-produk mereka untuk ditawarkan kepada banyak pembeli.
Many to Some : perusahaan-perusahaan yang menggabungkan catalog pembelian mereka untuk menarik perusahaan supplier untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
Many to Many : pasar yang dikelolah oleh banyak perusahaan (supplier) dan banyak perusahaan pembeli yang memungkinkan untuk terjadinya proses lelang yang dinamis.
Contoh WEB
B2B (Business to Business)
Pure Play
(B2B (Business to Business) Online Murni)
- Elektronik Market : iMark.com
- WEB Malls : www2.mallpark.com
- WEB Hosting : www.earthlink.com , www.masterwebnet.com
Click and
Mortar (Partial B2B (Business to Business))
- Supplier’s WEB : covisint.com
- Promotion : sap.com
- Logistics : ec.ups.com
- After Sales : cisco.com
Pendorong
lahirnya Business to Business (B2B)
- Globalisasi
- Mengurangi sekat untuk masuk (Reduced barriers to entry)
- Deregulasi (De-regulation)
- Increased number of supplier
- Permintaan konsumen dan tekanan harga
- Tekanan untuk mereorganisasi nilai rantai
Resume B2B
(Business to Business)
Kelompok ini
disebut sebagai transaksi antar perusahaan. Perusahaan, pemerintah dan
organisasi lainnya bergantung pada komunikasi antar computer sebagi sarana
bisnis yang cepat, ekonomis dan dapat dihandalkan. Perusahaan kecil saat ini
sudah mulai tertarik dengan keuntungan yang diperoleh melalui B2B (Business to
Business). Transaksi pada B2B (Business to Business) menggunakan EDI dan e-mail
untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi. Selain itu juga
digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
EDI
(Elektronik Data Interchange) adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis
antar aplikasi computer – antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan
menggunakan format standar yang telah disepakati.
Analisis
Jalin Trade (Jalintrade.com) terhadap Business to Business (B2B)
Jalin Trade
merupakan sebuah e-marketplace, penyedia jasa utama dalam bisnis e-procerement
(pengadaan atau logistik) secara online, yang mencakup e-Sourcing, e-Auction,
Contract Management dan Source Intelligent.
Jalin Trade
adalah hasil kerjasama PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. dengan PT.Trimera
Media Utama pengembang Jalin Trade.
Jalin Trade
memiliki platform yang kuat dan didukung oleh teknologi kelas dunia dari
pemimpin industri seperti Commerce One dan Microsoft. Commerce One adalah
penyedia solusi e-Commerce kelas dunia yang menyediakan solusi e-MarketPlace
Jalin Trade bersama system operasi dan database dari Microsoft.
Jalin Trade
sangat mendukung model bisnis Business to Business (B2B), yang mempertemukan
antara penjual dan pembeli dimana keduanya merupakan entitas bisnis.
Dengan Jalin
Trade proses pengadaan barang atau jasa (procurement) dapat dilakukan secara
transparan. Informasi mengenai syarat dan spesifikasi barang atau jasa, maupun
kesempatan, dibuka lebar kepada semua pihak. Hal ini dapat dilakukan karena
adanya proses lelang (auction). Pada proses ini, terjadi negosiasi atau
kompromi, kepada pihak penyedia atau supplier (pemasok). Buyer dapat menekan
biaya hingga titik terendah tanpa harus berkompromi dengan spesifikasi,
sehingga buyer akan mendapatkan cost of gold sold yang terbaik dalam
men-deliver produknya kepada para pelanggannya. Dengan proses yang transparan
ini juga, para pemasok dapat berkompetisi secara sehat dan terbuka, dalam
menawarkan harga yang paling rasional.
Jalin Trade
menyediakan solusi untuk e-Commerce melalui otomatisasi transaksi, optimasi
supply chain, Business Intellegence dan collaboration. Dengan Jalin Trade,
pembeli dan supplier dapat menjalankan aktivitas bisnisnya dari mana saja,
bersifat global serta bertransaksi barang dan jasa secara online, real time, 24
hours one day, 7 days a week. Pelanggan Jalin Trade akan dihubungkan ke Global
Trading WEB, yaitu komunitas pasar dunia terbesar serta ke market place
regional yang menyediakan akses berbagai macam produk dan jasa. Global Trading
WEB merupakan komunitas lebih dari 164 e-Marketplace dan beranggotakan lebih
dari 600.000 trading partner di seluruh dunia.
Jalin Trade
e-Auction adalah solusi real time online untuk otomatisasi proses lelang
(auction) secara terintegrasi dalam suatu jaringan bisnis. Disediakan bagi
usaha Anda, baik sebagai pembeli maupun sebagai penjual, untuk meningkatkan
pendapatan, mengurangi biaya dan meningkatkan persaingan melalui media
Internet. Mendukung auction model “forward” dan “reverse” dan berbagai tipe
auction mulai dari tipe “english auction” sampai dengan “MVB auction” untuk
menghasilkan lelang dengan harga terbaik, membantu mengurangi kelebihan stock
inventory atau pun inventory management. Ia juga mendatangkan solusi cepat,
efisien dan aman sebab Jalin Trade e-Marketplace adalah solusi hosting, dimana
seluruh software dan hardware disediakan pada Data Center dan dapat segera
digunakan begitu Anda memutuskan untuk menggunakannya.
Referensi :
http://meochan11.wordpress.com/category/electronic-commerce-ec/business-to-bussiness-b2b/
Referensi :
http://meochan11.wordpress.com/category/electronic-commerce-ec/business-to-bussiness-b2b/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar